menu

Ini dia, 10 varietas buah pisang unggulan Indonesia

Varietas buah pisang
alamtani.com

Indonesia merupakan negara penghasil buah pisang terbesar di Asia. Produksinya mencapai lebih dari 50% produksi pisang negara-negara Asia. Dengan jumlah produksi lebih dari 6 juta ton per tahun.

Dari jumlah tersebut, sekitar 90% dikonsumsi untuk kebutuhan dalam negeri. Sisanya diekspor ke berbagai negara terutama negara-negara Arab, Tiongkok, Malaysia dan Singapura. Kebanyakan jenis buah pisang yang diekspor merupakan pisang cavendish.

Pisang (musa sp.) merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara, saat ini ditanam secara meluas di berbagai negara tropis lainnya. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis buah pisang, namun hanya ada sekitar 10 varietas yang menjadi komoditas unggulan, berikut diantaranya:

1. Pisang ambon

Terdapat dua jenis pisang ambon yang dikenal luas di masyarakat, yakni pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning. Ambon lumut atau disebut juga pisang ambon hijau kulitnya berwarna hijau sesuai namanya meskipun dalam keadaan matang. Namun bila kelewat matang kulitnya menjadi agak kekuningan dengan bercak-bercak coklat.

Buah pisang ambon lumut berukuran sedang dengan panjang 15-17 cm. Banyak buah dalam satu sisir berkisar 20 buah. Dalam satu tandan terdapat 7-12 sisir.

Pisang ambon kuning memiliki ukuran yang sama dengan ambon lumut. Pembedanya ada pada kulitnya yang berwarna kuning dan bentuk buahnya lebih melengkung. Dalam satu tandan ambon kuning terdapat 6-9 sisir, satu sisirnya terdapat 20 buah.

2. Pisang raja bulu

Pisang raja bulu

Pisang raja bulu (alamtani.com)

Pisang raja bulu sangat populer di Jawa. Buah pisang ini memiliki kulit yang tebal, saat matang kulitnya berwarna kuning oranye. Pisang raja bulu memiliki aroma yang harum. Jumlah buah per sisir terdapat 14-16 buah. Dalam satu tandan biasanya terdapat 6-19 sisir.

3. Pisang raja sereh

Pisang raja sereh

Pisang raja sereh (alamtani.com)

Pisang raja sereh dikenal juga dengan nama pisang susu. Pisang raja sereh memiliki kulit yang tipis berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik hitam.  Tekstur buahnya lembut, dagingnya berwarna putih sampai agak keuningan. Rasanya manis dan memiliki aroma yang khas.

4. Pisang barangan

Buah pisang barangan

Pisang barangan (alamtani.com)

Pisang barangan dikenal juga dengan nama pisang medan atau medan barangan. Buah ini populer dibudidayakan di Sumatera Utara meskipun penyebarannya sudah merata ke berbagai tempat di Indonesia.

Warna kulit pisang barangan kuning hingga kemerahaan saat matang. Pisang ini memiliki daging buah berwarna putih agak kekuningan. Buah tidak berbiji, manis, kering dan beraroma.

5. Pisang mas

Pisang mas (alamtani.com)

Pisang mas sesuai dengan namanya berwarna kuning mulus saat matang. Pisang ini populer sebagai hidangan saat ada pesta atau hajatan. Biasanya disajikan dengan cara digantung dalam satu tandan.

Buah pisang mas berukuran kecil, kulitnya tipis daging buahnya putih kekuningan.  Daging buahnya lunak, rasanya manis dengan aroma yang khas. Dalam satu tandan biasanya terdapat 5-9 sisir, dan dalam satu sisirnya terdapat 18 buah.

6. Pisang mas kirana

Pisang mas kirana

Pisang mas kirana (alamtani.com)

Pisang mas kirana memiliki bentuk seperti pisang mas namun ukurannya agak besar. Berbeda dengan pisang mas yang cenderung mudah busuk, pisang mas kirana lebih tahan lama. Sehingga pisang ini lebih siap untuk dijadikan komoditas ekspor.

7. Pisang nangka

Pisang nangka termasuk dalam jenis pisang yang harus diolah terlebih dahulu. Pisang ini jarang disajikan dalam bentuk segar karena daging buahnya cenderung kenyal.

Kulit buah pisang nangka cukup tebal dan berwarna hijau meskipun telah matang. Bila sudah kelewat matang baru berubah menjadi kekuningan hingga coklat. Pisang ini memiliki aroma khas mendekati aroma buah nangka.

Ukuran pisang nangka bisa mencapai panjang 15 cm. Dalam satu tandan terdapat 7-8 sisir, dan dalam satu sisir terdapat 14-24 buah.

8. Pisang tanduk

Sama seperti pisang nagka, pisang tanduk termasuk jenis pisang yang harus diolah sebelum dimakan. Ukuran pisang tanduk terbilang besar, panjangnya bisa mencapai 28 cm.

Bentuk buahnya melengkung. Kulit buah pisang tanduk berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam, kulitnya cukup tebal. Warna daging buah kuning muda hingga putih kekuningan. Dalam satu tandan hanya terdapat 1-2 sisir dan setiap sisirnya terdapat 10-15 buah.

9. Pisang kepok

Pisang kepok

Pisang kepok (alamtani.com)

Pisang kepok termasuk pisang olahan, umumnya disajikan dengan direbus atau digoreng. Kulitnya tebal berwarna kuning bila matang. Daging buahnya kekuningan. Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-16 sisir, satu sisir terdiri dari 20 buah.

10. Pisang cavendish

Pisang cavendish

Pisang cavendish, primadona ekspor (alamtani.com)

Pisang cavendish merupakan buah pisang yang menjadi primadona ekspor. Kulit buahnya kuning mulus saat matang, tekstur dagingnya lembut, padat dan berisi. Rasanya sedikit asam.

Pisang cavendish merupakan primadona ekspor. Pisang ini diminati oleh pasar Timur Tengah dan Cina. Sayangnya cavendish rentan terhadap serangan hama dan penyakit pisang.

Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-14 sisir, satu sisir terdapat 6-9 buah. Buahnya melengkung dengan panjang sekitar 15 cm.



INFO PRAKTIS

  1. Mengenal semut rangrang penghasil kroto

    Dilihat 9,333 kali

  2. Hama dan penyakit ikan nila

    Dilihat 30,200 kali

  3. Panduan teknis budidaya kopi

    Dilihat 54,520 kali

  4. Menilik prospek bisnis ikan hias

    Dilihat 5,998 kali

  5. Budidaya pembenihan ikan mas

    Dilihat 22,279 kali

  6. Cara menanam cabe dalam polybag

    Dilihat 446,086 kali

  7. Cara mudah membuat tabulampot

    Dilihat 65,745 kali

  8. Manfaat bawang putih bagi kesehatan

    Dilihat 2,109 kali

  9. Cara praktis budidaya ikan guppy

    Dilihat 105,233 kali

  10. Jenis-jenis pupuk organik

    Dilihat 98,545 kali