menu

Manfaat buah pinang bagi kesehatan

Manfaat buah pinang
alamtani

Pernah mendengar pepatah bagai pinang dibelah dua? Hehe pepatah itu tidak ada hubungannya dengan topik yang akan saya bahas. Saya cuma menyinggung sejumlah manfaat buah pinang mulai dari asal, kandungan hingga manfaatnya.

Tanaman pinang memiliki ciri-ciri pohon yang mirip dengan pohon kelapa. Batangnya menjulang tinggi antara 20-25 meter dan berdaun seperti daun kelapa tetapi lebih. Buahnya tumbuh bergerombol dalam suatu tandan.

Buah pinang sendiri berbentuk bulat telur agak lonjong berukuran 3.5-7 cm. Warna kulit buah oranye, jika dibelah, di tengahnya terdapat biji yang bergerombol dikelilingi dengan dinding buah yang berserabut.

Hampir semua bagian tanaman buah pinang dapat dimanfaatkan. Mulai dari batangnya, batang pohon buah pinang yang menjulang tinggi dan kuat dapat dimanfaatkan kayunya. Biasanya digunakan sebagai tiang dalam berbagai struktur bangunan. Atau, paling tenar dipakai untuk arena panjat pinang.

Daunnya memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi manusia. Buahnya terutama biji buah pinang bahkan telah menjadi salah satu hasil bumi yang diekspor Indonesia.

Biasanya, biji buah pinang akan dikeringkan, dimanfaatkan sebagai obat hingga dijadikan permen dalam bentuk kecil-kecil. Buah pinang secara keseluruhan mengandung beberapa unsur yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan manusia seperti alkaloida, arecaidine, guvacoline dan zat bermanfaat yang lainnya.

Manfaat buah pinang

Di kalimat judul saya menuliskan bahwa buah pinang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Memang benar, ada banyak jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi tanaman buah pinag secara teratur. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan adalah sebagai berikut:

a. Nyeri pinggang

Nyeri pinggang dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kekakuan otot pinggang karena kurangnya pergerakan hingga pasca terjadinya cidera sehingga menimbulkan trauma otot pinggang. Orang yang mengalami nyeri pinggang akan merasa tidak nyaman bergerak dan beraktifitas karena pinggang merupakan persendian paling besar yang dimiliki manusia.

Dengan memanfaatkan tumbukan daun pinang yang sudah dihangatkan terlebih dahulu dapat menghambat stimulasi faktor-faktor nyeri pada otot sehingga mengurangi nyeri pinggang.

Caranya cukup oleskan tumbukan daun pinang tersebut pada pinggang yang sakit. Selain nyeri pinggang, dapat juga diaplikasikan pada segala jenis nyeri yang permukaan bagian nyeri dapat dijangkau.

b. Penyakit kulit kudis

Kudis adalah salah satu gangguan kulit yang ditendai dengan gatal dan berair biasanya terjadi pada bagian-bagian tubuh yang terjepit atau tersembunyi dan seringkali terkena air. Cara penanganannya cukup mudah yaitu dengan parutan biji buah pinang dan dioleskan secara teratur pada bagian yang sakit.

c. Mengembalikan ukuran rahim setelah melahirkan

Ini sangat bermanfaat bagi wanita hamil yang ingin segera langsing perutnya pasca melahirkan. Perut yang tetap membesar pasca melahirkan biasanya disebabkan oleh diameter rahim yang tak langsung mengecil. Maka dari itu banyak orang tua yang menyarankan agar mengkonsumsi air rebusan buah pinang

d. Sakit gigi

Mengobati sakit gigi dengan buah pinang mungkin sama halnya dengan mengobatai nyeri pinggang. Karena pada intinya sama-sama untuk mengurangi rasa nyeri yang tidak nyaman. Caranya, iris sedikit bagian buah pinang kemudian sumpalkan atau gigit pada bagian gigi yang sakit.

loading...