menu

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan

Sirsak, merupakan tanaman unik yang tidak semua orang menyukainya karena rasanya sedikit ada rasa masam. Namun dibalik itu semua manfaat buah sirsak cukup banyak dan tidak semua orang mengetahuinya. Ada beberapa nama lain yang dimiliki oleh buah sirsak ini. Nama lain itu di antaranya, nangka sabrang, nangka londo, nangka buris, dan orang Bali menyebutnya dengan nama srikaya Jawa.

Annona muricata, begitu nama latinnya, buah ini berasal dari Amerika Selatan. Kini buah sirsak telah berkembang banyak di Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh di mana saja pada pencahayaan yang cukup, namun sangat cocok jika ditanam di iklim tropis basah. Pohonnya kecil dengan ketinggian mencapai 4 meter. Daunnya lonjong berwarna hijau tua. Buahnya berwarna hijau berduri lunak. Bijinya sangat banyak, berwarna hitam, dan keras.

Manfaat buah sirsak untuk pengobatan

Buah sirsak selain lezat rasanya, ternyata memiliki banyak khasiat yang tidak semua orang mengetahuinya. Manfaat buah sirsak di antaranya sebagai berikut.

  1. Ambeien
    Buah sirsak bisa mengatsi ambeien dengan cara, buah yang sudah masak diperas diambil airnya sebanyak 1 gelas. Kemudian diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  2. Anyang-anyangen
    Sakit anyang-anyangen atau sakit buang buang air kecil bisa disembuhkan dengan cara berikut. Buah sirsak yang setengah masak ditambah gula pasir secukupnya, kemudian direbus dengan air 2 gelas, disaring, dan diminum.
  3. Sakit kandung air seni
    Buah sirsak yang setengah masak, dicampur gula dan garam kemudian dimasak dibuat kolak. Dimakan setiap hari dan dilakukan secara rutin selama 1 minggu berturut-turut.
  4. Menurunkan panas
    Baik untuk anak-anak dan dewasa, mengobati panas dapat dengan cara mengonsumsi buah sirsak yang telah masak.
  5. Bayi mencret
    Untuk mengobati bayi mencret dapat dengan cara berikut. Buah sirsak yang sudah masak diperas dan disaring, kemudian dimnumkan pada bayi sebanyak 2 – 3 sendok makan.
  6. Disentri
    Penyakit disentri bisa disembuhkan dengan cara berikut. Ambil buah sirsak sebesar kepalan tangan, beri air setengah gelas, diperas, disaring, kemudian tambahkan 2 sendok makan susu kental manis dan gula pasir. Resep tersebut diminum 3 kali sehari.
  7. Menghentikan kebiasaan merokok
    Bagi Anda perokok kelas berat, cobalah berhenti dengan resep berikut. Ambil buah sirsak yang telah masak sepanjang 5 cm. Dimakan tiap pagi secara berkesinambungan sampai kebiasaan merokok hilang.

Bagian tanaman lainnya

Anda sudah cukup detail mengetahui manfaat buah sirsak, namun Anda perlu mengetahui juga manfaat bagian lainnya seperti bagian daunnya. Daun sirsak bisa dimanfaatkan antara lain:

  1. Sakit pinggang
    Untuk mengobati sakit pinggang, Anda bisa mengambil 20 lembar daun sirsak, direbus dengan Lima gelas air sampai mendidih. Sisakan tiga gelas, diminum sekali sehari 3/4 gelas.
  2. Mengobati ashma dan sesak napas
    Untuk Anda yang menderita penyakit ashma atau sesak napas, dapat diobati dengan daun sirsak. Caranya, ambil 7 daun sirsak yang dibuat sarang semut rang-rang. Diremas dan tampung airnya hingga didapat kurang lebih setengah gelas. Minumlah setiap pagi sampai Anda sembuh.
  3. Obat batuk biasa
    Batuk biasa yang tidak berhenti-henti dapat diobati dengan cara mengambil 7 daun sirsak muda. Diremas dan ditampung airnya. Diminum setiap pagi sebelum makan.
  4. Mengusir kecoak
    Kecoak dapat diusir dengan cara jitu berikut. Ambil daun sirsak yang masih muda sebanyak 10 lembar, diremas, kemudian ditaruh ditempat yang sering didatangi kecoak.

Tidak hanya buah saja yang berkhasiat, namun daun sirsak juga memiliki banyak kelebihan. Bagi Anda yang kurang menyukai buah sirsak, manfaat buah sirsak demikian hebatnya, perlu Anda ketahui dan mulai sekarang belajarlah untuk menyukainya.

loading...


Selalu update dengan berlangganan newsletter!