menu

Manfaat buah tomat bagi kesehatan

Manfaat buah tomat bagi kesehatan

Buah tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sebagaimana jenis buah-buahan yang banyak mengandung beta karoten, manfaat buah tomat yang paling dirasakan adalah sebagai sumber vitamin yakni vitamin C, vitamin K dan vitamin A.

Selain itu masih terdapat segudang manfaat buah tomat ditinjau dari segi kesehatan. Buah tomat memiliki kandungan serat tinggi dan biotin. Zat-zat tersebut sangat berguna bagi orang-orang yang sedang diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun menjaga kebugaran tubuh.

Selain untuk pangan, manfaat buah tomat juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Buah tomat digunakan sebagai masker untuk memperindah kulit wajah dan menghilangkan jerawat. Selain itu juga digunakan untuk perawatan rambut.

Deskripsi tanaman tomat

Tomat merupakan tanaman yang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan. Penyebarannya dimulai pada era kolonialisasi bangsa Spanyol atas daerah itu. Tomat menyebar ke Eropa dan Asia.

Nama ilmiah buah tomat adalah Solanum lycopersicum, namun sebagian lagi menyebutnya Lycopersicum esculentum. Manakan yang benar? dua-duanya merupakan nama ilmiah yang valid. Perdebadaan nama ilmiah tomat terjadi dikalangan peneliti. Perbedaan tersebut terjadi karena perbedaan dalam mengkategorikan sifat-sifat tertentu tanaman tomat.

Tanaman tomat bisa tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian 200-500 meter dpl. Namun untuk hasil yang optimal, biasanya dibudidayakan di dataran tinggi di atas 900 meter dpl. Suhu yang terlalu dingin dibawah 13 derajat celcius dapat menurunkan produksi, sedangkan suhu yang terlampau tinggi diatas 32 derajat celcius bisa menghambat polinasi dan fertilisasi sehingga buah tidak terbentuk. Silahkan lihat panduan umum budidaya tomat.

Buah tomat memiliki bentuk yang beragam tergantung dari varietasnya. Ada yang berbentuk bulat, lonjong atau memanjang dengan ukuran bervariasi. Buah tomat yang paling kecil memiliki berat sekitar 8 gram per buah, sedangkan berukuran besar bisa hingga 180 gram. Warna buah juga beragam, tomat yang telah matang ada yang berwarna kuning, oranye hingga merah.

Terdapat banyak ragam varietas tanaman tomat, ada yang bisa tumbuh terus hingga tua dan mencapai tinggi hingga 2 meter. Jenis tomat ini disebut tipe indeterminate, varietasnya gondol, Santa, Belgia, Apel. Ada juga tipe determinate, dimana tingginya akan berhenti pada ketinggian tertentu. Varietas ini diantaranya Oval, Ratna, Intan dan Berlian.

Manfaat buah tomat bagi tubuh

Zat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh adalah antioksidan. Buah tomat memiliki banyak kandungan antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah:

a. Kardiovaskuler

Manfaat buah tomat dalam sistem kardiovaskuler terkait dengan dua fungsi anti oksidan dan zat yang mengatir regulasi lemak dalam aliran darah. Zat antioksidan sangat diperlukan sistem kardiovaskuler dan jaringan perdaran darah.

Salah satu antioksidan yang memiliki peran besar adalah lycopen. Zat ini membantu menurunkan peroksidasi lipid dalam darah. Peroksidasi lipid adalah suatu proses dimana lemak yang terdapat dimembran sel melapisi pembuluh darah. Kerusakan ini bisa diperbaiki dengan antioksidan yang tepat.

Manfaat buah tomat lain untuk kesehatan jantung adalah kolesterol total, kolesterol LDL dan kadar trigliserida. Selain itu, asupan buah tomat juga bisa menurunkan penggumpalan berlebihan sel platelet. Penggumpalan ini dapat menyebabkan pembekuan dan penyumbatan yang tidak diinginkan. Pencegahan atas penggumpalan ini penting bagi kesehatan jantung.

b. Anti kanker

Manfaat buah tomat untuk mencegah kanker sudah diketahui secara luas. Meskipun belum ada keterangan yang lebih spesifik terhadap jenis kankernya. Kandungan anti oksidan dan anti peradangan yang terdapat pada buah tomat ditengarai sebagai zat yang berperan mengobati dan menurunkan resiko kanker.

Sejauh ini, buah tomat dipercaya sebagai makanan yang bisa menurunkan resiko jenis kanker prostat karena kandungan zat alpha-tomatine. Zat tersebut telah terbukti memicu kematian sel apoptosis pada sel kanker prostat.

Selain itu, alpha tomatine juga bermanfaat untuk menekan pertumbuhan kanker paru-paru, kanker pankreas dan kanker payudara.

c. Kesehatan tulang

Manfaat buah tomat untuk kesehatan tulang ditunjukkan dalam penelitian terbaru bahwa lycopen yang terdapat dalam buah tomat berperan aktif untuk menjaga jaringan tulang. Lycopen merupakan zat antioksidan yang bisa menurunkan tingkat oksidasi pada tulang. Dengan kata lain, lycopen mencegah perapuhan tulang.

Konsumsi tomat dianjurkan bagi orang-orang yang mengalami penurunan massa tulang seperti osteoporosis atau perempuan yang mengalami masa menopause. Untuk mendapatkan jumlah lycopen yang cukup, konsumsi kira-kira dua gelas jus tomat setiap hari.

Baca juga artikel ini:

loading...


Selalu update dengan berlangganan newsletter!