menu

Manfaat daun binahong sebagai obat luar maupun dalam

Manfaat daun binahong sebagai obat

Tanaman binahong sebenarnya sudah ditemukan sejak dulu, namun penelitian mengenai manfaat daun binahong ditemukan baru-baru ini. Binahong dimanfaatkan untuk obat luar maupun obat dalam. Anredera cordifolia merupakan tanaman obat potensial mengatasi berbagai penyakit. Tanaman ini berasal dari Cina.

Di Indonesia binahong belum banyak dikenal. Pohon binahong tumbuh menjalar dan panjangnya mencapai 5 meter. Batangnya lunak berbentuk silindris. Daunnya tunggal dan memiliki tangkai pendek, bersusun selang seling dan berbetuk jantung. Daun memiliki panjang antara 5 – 10 cm dan lebar 3 – 7 cm. Seluruh bagian dari tanaman binahong ini dapat dimanfaatkan.

Manfaat daun binahong dapat dilihat dari kandungan kimia yang terdapat di dalamnya. Berdasarkan sebuah penelitian, binahong mengandung senyawa aktif flavonoid, terpenoid, dan saponin. Flavonoid ini berperan sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi mikroorganisme berupa bakteri dan virus. Alkaloid mempunyai aktivitas hipoglikemik. Senyawa terpenoid membantu tubuh untuk memulihkan sel-sel. Ancordin

Manfaat daun binahong sebagai obat luar

Daun binahong dapat dimanfaatkan sebagai obat luar maupun obat dalam. Manfaat daun binahong sebagai obat luar adalah sebagai berikut.

  1. Menurunkan panas tinggi pada bayi
    Jika bayi Anda ada yang mengalami panas tinggi, turunkan panasnya dengan mengoleskan daun binahong yang telah ditumbuk halus ke seluruh tubuhnya.
  2. Mengobati memar
    Daun dan batang tanaman binahong ini dapat digunakan untuk mengobati luka memar akibat pukulan, percikan api, rematik, pegel linu, dan nyeri urat. Caranya dengan menumbuk daun dan batang sampai halus kemudian mengoleskannya pada bagian yang sakit.
  3. Mengobati sakit gigi
    Umbi binahong atau akarnya, dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, dengan cara menumbuk halus kemudian diperas, ambil airnya dan teteskan pada gigi yang mengalami sakit.
  4. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi
    Sebagai obat luar, Anda dapat mengoleskan daun binahong pada bagian tubuh akibat operasi. Misalnya akibat melahirkan dan khitan.

Manfaat daun binahong sebagai obat dalam

Setelah membahas manfaat daun binahong untuk obat luar, ada baiknya Anda juga mengetahui manfaat daun binahong sebagai obat dalam.

  1. Menyembuhkan luka bekas operasi, maag, dan tifus
    Untuk menambah stamina, Anda dapat menggunakan umbi binahong secukupnya. Kemudian dicuci bersih, direbus, dan disaring airnya. Diminum 2 – 3 kali setiap hari.
  2. Mencegah dan mengatasi kanker
    Daun binahong bisa dimanfaatkan untuk mengobati kanker. Caranya yaitu dengan mengambil 30 gram daun binahong kering, kemudian merebusnya dalam 1 liter air. Didihkan hingga tersisa 600 ml air. Air rebusan tersebut diminum 3 kali sehari, dengan ukuran masing-masing sebanyak 200 ml.
  3. Menyembuhkan disentri dan mencegah stroke, asam urat, dan sakit pinggang
    Untuk penyembuhan disentri dan mencegah penyakit stroke, asam urat, dan sakit pinggang caranya adalah dengan membuat ramuan sebagai berikut. Mengambil umbi binahong sebanyak 3 potong, dicuci bersih, direbus dengan 5 gelas air, dan disaring. Hasilnya dimnum 2 – 3 sehari.
  4. Menjaga vitalitas tubuh
    Untuk menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh, gunakan ramuan berikut ini. Merebus umbi binahong dengan 5 gelas air. Kemudian disaring. Jika Anda akan meminumnya, tambahkan telur dan madu.

Manfaat daun binahong yang secara nyata telah terbukti di luar negeri belum dimanfaatkan sepenuhnya di Indonesia. Anda yang sudah mengetahui begitu besar manfaat daun binahong dan bagian lainnya, mulailah menanam binahong di pekarangan rumah Anda. Gunakan binahong untuk pencegahan dan pengobatang sesuai dengan resep yang benar.

loading...


Selalu update dengan berlangganan newsletter!