menu

Kenali nutrisi dan manfaat susu kambing

Manfaat susu kambing
alamtani

Susu kambing memang jarang diminati oleh masyarakat dari pada susu sapi. Hal inilah yang membuat para petarnak jarang membuka usaha ternak kambing untuk diambil susunya.

Padahal kandungan susu kambing tak kalah tinggi dari susu sapi. Di dalam susu kambing terdapat nutrisi khas yang tidak didapatkan dalam susu sapi. Manfaat susu kambing bagi kesehatan cukup banyak.

Mengkonsumsi susu kambing dapat mencegah timbulnya penyakit berbahaya yang mengancam Anda. Berikut ini ulasan kandungan dan manfaat susu kambing yang harus Anda ketahui dengan seksama.

Kandungan susu kambing

Susu mengandung protein yang cukup tinggi. Terlebih lagi dengan kandungan kaseinnya, kebutuhan metabolism tubuh dapat berjalan lebih baik. Untuk susu kambing, kandungan lemaknya mencapai 3,6 % lebih rendah dari pada susu sapi.

Sedangkan padatan lemaknya, susu kambing mengandung kadar yang lebih tinggi mencapai 9,0 %. Kandungan laktosa mencapai 4,7 % lebih tinggi dari laktosa yang terkandung dalam susu sapi yang hanya 4,1 %.

Adapun kandungan nitrogen yang mencapai 3,2 %, protein 3,0 %, kasein hingga 2,6 persen, fosfor hingg 0,23 %, kalsium hingga 0,18 %, klorida 0,10% zat besi hingga 0,08 persen, vitamin D 0,7 %, vitamin C hingga 2,0 persen, riboflavin hingga 159,0, vitamin A 21,0, dan vitamin B hingga 45,0.

Manfaat susu kambing

Setelah Anda mengetahui kandungan lengkap susu kambing, kini saatnya Anda mengetahui manfaat susu kambing lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

  • Susu kambing ini tidak mengandung protein kompleks yang dapat menimbulkan alergi layaknya susu sapi yang sering Anda konsumsi. Karena susu ini memiliki protein kompleks yang tidak dapat menimbulkan alergi, kesehatan kulit Anda dapat terjaga bebas dari gatal ataupun bentol bentol merah akibat alergi susu.
  • Susu kambing mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga berperan aktif dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Berbeda dengan susu lainnya, kekebalan tubuh dapat ditekan akibat konsumsi susu yang bukan dari susu kambing. Inilah keistimewaan susu kambing yang tidak akan menekan sistem kekebalan tubuh Anda. Peran penting antioksidannya ini terdapat pada mineral seleniumnya yang merupakan nutrisi terbaik bagi peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda dengan baik.
  • Susu kambing akan membantu proses pencernaan lebih baik lagi tanpa menimbulkan rasa kembung dan sakit perut akibat kadar asam yang berlebihan. Kandungan susu ini mengandung alkali basa yang tidak akan menghasilkan zat asam didalam alat pencernaan manusia sehingga terhindar dari penyakit maag maupun asam lambung.
  • Susu kambing dapat meningkatkan PH aliran darah. Dengan meningkatkan PH aliran darah, tentu saja sistem sirkulasi darah semakin meningkat dan dapat meningkatkan kinerja seluruh organ tubuh Anda secara optimal karena kebutuhan darah tersuplai dengan baik.
  • Susu kambing mengandung asam lemak tinggi meliputi asam kaprilat dan kaprat yang berfungsi sebagai antimikroba dapat menghancurkan bakteri jahat didalam sistem pencernaan Anda. Kandungan susu kambing juga tidak akan menimbulkan gelembung gelembung lemak yang dapat menghalangi sistem pernapasan Anda.
  • Susu kambing mengandung kadar kalsium yang cukup tinggi sehingg kebutuhan kalsium untuk metabolism tubuh dapat dipenuhi secara sempurna. Kalsium ini juga sangat berfungsi untuk mencegah pengeroposan tulang dan mampu menguatkan tulang tubuh Anda. Dengan adanya asam amino triplofan, penyakit osteoporosis juga dapat dicegah dengan baik dengan mengkonsumsi susu kambing setiap hari.

loading...


Selalu update dengan berlangganan newsletter!