menu

Manfaat wortel dan terapi jus wortel untuk kesehatan

Manfaat wortel dan terapi jus wortel

Wortel termasuk umbi batang yang digolongkan ke dalam kelompok sayuran. Sayuran wortel ini sangat populer di Indonesia, yang paling banyak mengandung zat makanan. Nama latin wortel, Daucus sarota, sayuran ini berwarna orange. Manfaat wortel yang sudah dikenal banyak orang untuk kesehatan mata. Anda tidak boleh salah pilih wortel untuk dikonsumsi. Wortel mempunyai rasa yang sedikit pahit dan tajam jika ukurannya semakin besar. Pilihlah wortel dalam kondisi bentuknya baik, masih segar, da warnaya jingga cerah.

Wortel memiliki tinggi kira-kira setengah meter. Memiliki daun yang halus berwarna hijau. Batangnya tumbuh di dalam tanah warnanya merah kekuningan. Wortel memiliki rasa yang enak dan nilai gizi tinggi untuk wortel yang masih segar. Sumber gizi utama betakaroten mampu untuk memgobati masalah penglihatan.

Kandungan nutrisi wortel

Wortel kaya akan gizi yang memili khasiat besar untuk tubuh Anda. Tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menolak mengonsumsi wortel, karena manfaat wortel sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Kandungan vitamin A
    Kandungan utama wortel berupa karoten atau beta karoten yang bisa berubah menjadi vitamin A. Kandungan vitamin yang ada dalam wortel tidak hanya untuk menyehatkan penglihatan, tetapi juga untuk mencegah rabun senja, mempercepat penyembuhan luka, memperbaiki kulit, membantu hati menghilangkan toksin (racun) dalam tubuh.
  2. Beta karoten
    Kandungan beta karoten bisa untuk kekebalan tubuh Anda, sehingga mencegah Anda dari penyakit. Juga untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah penuaan dini.
  3. Nutrisi atau gizi
    Kandungan gizi atau nutrisi yang terdapat dalam wortel di antaranya, 27 mg kalsium, 26 mg fosfor, 0.5 mg zat besi, 34 mg sodium, dan 246 mg potassium. Dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, wortel dapat membuat sel baru serta memperkaya sel-sel yang ada, serta dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu, nutrisi pada wortel bisa merangsang reaksi pembersihan lemak sehingga mampu membuang lemak dengan cepat.
  4. Kandungan potassium
    Kandungan potassium pada wortel ini memiliki manfaat utama yaitu untuk menetralkan asam dalam darah yang sering menyebabkan tumbuhnya jerawat, uban di kalangan anak muda.
  5. Mineral
    Kandungan mineral yang terdapat pada wortel adalah kalium. Kalium berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh, menetralkan asam dalam darah, dan menurunkan tekanan darah.

Jus wortel untuk kesehatan

Bagi Anda yang tidak menyukai wortel untuk dikonsumsi secara langsung atau dijadikan campuran sayuran, wortel dapat dijus sehingga mengurangi sedikit rasa tajamnya. Manfaat wortel dengan cara dijus ini sangat baik untuk kesehatan Anda.

  1. Terapi khusus mengobati batu ginjal
    Jus wortel dapat untuk mengobati penyakit ginjal dengan cara berikut. Pada pagi hari dahulukan mengonsumsi jus jeruk limun, sedangkan pada siang harinya mengonsumsi jus wortel yang dikombinasikan dengan beet, dan timun. Menjelang tidur juga konsumsi lagi jus campuran wortel, celery, dan petroselli.
  2. Terapi khusus mengatasi alergi
    Jika Anda mengalami alergi cobalah resep satu ini. Di pagi hari minumlah jus wortel dan bayam. Siang hari kombinasi antara jus wortel, beet, dan timun. Malam hari konsumsilah jus wortel kembali.
  3. Menghilangkan bau mulut
    Jika di antara Anda ada yang bau mulut, obati dengan jus wortel yang dikombinasi dengan bayam. Diminum sebanyak 3 kali sehari.

Selain 3 manfaat di atas, manfaat wortel yang dijus antara lain untuk melindungi susunan syaraf, melancarkan pencernaan, antikanker, mengatasi sembelit, mengatasi rabun senja, menjaga kesehatan hati, dan menurunkan tekanan darah.

loading...


Selalu update dengan berlangganan newsletter!