menu

3 Keunggulan Template Kontainer untuk Wadah Urban Gardening

Urban Gardening

Dalam satu dekade terakhir, kegiatan urban gardening atau urban farming digeluti oleh banyak pemukim di hunian tempat mereka tinggal. Selain memberikan tekstur indah pada tempat bermukimnya, kegiatan tersebut juga memberikan manfaat lain seperti sarana menyalurkan hobi, menambah oksigen disekitar hunian, hingga sumber dari kebutuhan pangan pemukim.

Karena banyak digeluti oleh masyarakat, perkembangan dalam hal sektor-sektor penunjang kegiatan tersebut pun muncul. Salah satunya dari sisi estetikanya yaitu template. Saat ini ada banyak template yang digunakan untuk membuat estetikanya menjadi lebih menarik. Salah satunya adalah template kontainer.

Template kontainer untuk kebun minimalis tersebut pada dasarnya sangat sederhana. Hanya berbahan kontainer yang dapat berasal dari kayu atau kotak-kota besi yang disusun secara rapih dan berpola, Anda langsung bisa menempatkan pot-pot atau wadah-wadah tempat menyimpan tumbuhan. Saat ini, template tersebut banyak digunakan oleh pemukim atau penggiat urban farming dikarenakan tergolong praktis untuk dibuat.

Dilansir dari Freshome, ada sejumlah keunggulan untuk memilih template tersebut untuk kegiatan urban gardening Anda. Berikut diantaranya.

Efisien

Keunggulan utama dalam memilih kontainer sebagai template urban gardening yang Anda lakukan adalah dari sisi efisiensi ruang. Tidak memerlukan ruangan yang besar untuk membuat template berkebun Anda, template itu dapat ditempatkan di berbagai area pada tempat bermukim Anda. Sekalipun Anda memilih unit jual rumah dengan ukuran yang terkecil pun, template ini sangat bersahabat dan tidak membuat sempit area-area yang dituju tersebut.

Khusus untuk Anda yang baru membeli bangunan jual rumah baru, Anda dapat memposisikan template itu di tanah lapang bagian dalam rumah Anda. Namun, dibanding Anda mempersempit properti jual rumah yang baru Anda tinggali tersebut, pindahkan area tersebut di eksterior rumah.

Selain efisien dalam hal ruang, Anda juga mengefisiensikan penggunaan tanah yang berada di daratan untuk menanam tumbuhan yang Anda pilih. Hal tersebut dikarenakan penggunaan tanah hanya akan berada pada pot-pot atau wadah tempat menaruh tanaman Anda.

Fleksibel

Banyak para pemukim atau penggiat kegiatan tersebut yang memilih template kontainer dikarenakan fleksibilitas dari pemasangan maupun pelepasannya. Bisa dikatakan template ini adalah template yang portabel. Bagi Anda yang suka merasa bosan dengan tanaman yang ditanam, Anda dengan mudah menggantinya dengan memasukkan jenis tumbuhan yang baru.

Kemudahan yang dihadirkan oleh fleksibilitas dari template ini juga akan memudahkan waktu pengemasan tanaman-tanaman Anda jika sewaktu-waktu ingin pindah dan jual rumah tersebut. Terdapat jaminan tidak akan ada tanaman yang tertinggal saat proses pengemasan dan perpindahan ke tempat bermukim Anda selanjutnya.

Membedakan dengan Yang Lain

Jika melihat template yang standar, paling hanya mengandalkan sejumlah lahan yang kosong secara landai seperti kondisi polos unit jual rumah, mengandalkan cetakan dari semen, atau dengan pipa-pipa yang diatur sedemikian rupa. Dikarenakan template ini banyak digunakan oleh para penggiatnya, rasanya tidak ada bedanya pemandangan kebun di satu rumah dengan rumah lainnya.

Disinilah keunggulan dari template tersebut, membedakan antara nuansa pada rumah Anda dengan yang lain. Caranya dapat dikatakan cukup sederhana, hanya tinggal mengkreasikan susunan kontainer ke beberapa pola. Misalnya pola tangga atau piramida.

Semakin kreatif Anda menata susunan dari kontainer Anda, area kebun Anda akan terasa unik dan memunculkan tekstur yang berbeda dari bangunan hunian.