Cara Praktis Pesan Tiket Citilink yang Harus Anda Tahu!

Untuk pesan tiket Citilink, kini lebih mudah, jika Anda menggunakan aplikasi OTA, seperti Traveloka. Seperti diketahui bersama, penyedia jasa yang satu ini, mempunyai berbagai macam fitur yang mumpuni, dan pastinya akan memudahkan para penggunaannya dalam memperoleh tiket pesawat, atau aneka tiket lainnya. Berikut ini adalah cara untuk memperoleh tiket Citilink praktis di Traveloka.

Buka aplikasi traveloka 

Pertama-tama dan tentunya hal yang harus Anda lakukan untuk memperoleh aneka tiket lainya yang dimiliki oleh pihak Traveloka adalah, masuk kehalaman Traveloka di website resminya atau aplikasi traveloka yang ada di ponsel Anda.

Isi data pencarian tiket pesawat

Karena kali ini, Anda akan membeli tiket pesawat, maka kali ini Anda akan masuk ke dalam kolom transportasi, dan klik fitur pesawat. Berikutnya Anda akan masuk dan mengisi beberapa data yang diperlukan, dalam hal ini, kota asal, kota tujuan, jumlah penumpang, dan tanggal keberangkatan. Karena Citilink ini, adalah pesawat ekonomi, maka untuk kelas penerbangan, tidak perlu Anda ubah. Demikian dengan fleksibilitas tiket.

Pilih waktu keberangkatan 

Pada halaman berikutnya Anda akan memilih jam keberangkatan yang ada. Karena kali ini Anda akan menggunakan maskapai Citilink. Tentunya Anda dapat menggunakan fitur maskapai, guna mempermudah pencarian maskapai yang dimaksud. Dengan demikian, jam keberangkatan yang dimiliki oleh pihak citilink, dan hari keberangkatan yang dimaksud, akan tertera secara jelas. Dalam hal ini Anda tidak hanya memilih berdasarkan jam keberangkatan saja, namun Anda juga dapat memilih berdasarkan transit atau tidak dan juga harga tiket yang diberikan.

Detail tambahan 

Pada halaman berikutnya, Anda masih akan memasukkan beberapa data tambahan. Pada halaman atas, Anda akan memperoleh informasi tentang tanggal dan rute keberangkatan. Pada bagian bawah Anda akan menemukan adanya jaminan refund, Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut, dengan mengeluarkan biaya tertentu. Sedangkan pada bagian bawah, Anda akan menemukan detail keterangan lainya, seperti nama penerbangan, dan lama penerbangan itu sendiri. Tentu saja detail rincian harga yang akan dibayar pun juga akan Anda dapatkan pada halaman ini.

Apabila Anda ingin merasa lebih nyaman, maka Anda dapat menambahkan layanan hotel dan juga layanan antar jemput dari bandara. Tapi jika tidak ingin menggunakannya, juga tidak masalah.

Detail biodata tambahan 

Sebelum masuk ke dalam proses pembayaran. Dalam hal ini, Anda akan diminta untuk mengisi detail biodata tambahan. Adapun data yang dimaksud, antara lain Anda akan mengisi beberapa data, seperti data pemesan, yang terdiri atas nama lengkap, no hp, dan juga alamat email. Berikutnya adalah data traveler, atau orang yang akan berangkat, jika Anda sendiri yang akan berangkat, maka isi kembali data tersebut, dengan nama yang sama. Lain halnya jika Anda ingin membeli tiket untuk teman atau yang lainnya, maka masukkan titel dan nama lengkap yang tepat. Jumlah isian data traveler ini, akan berdasarkan jumlah penumpang yang akan ikut dalam penerbangan kali ini.

Proses bayar

Sebelum masuk ke dalam proses bayar, sebaiknya pastikan bahwa berbagai macam isian yang telah dimasukkan di awal benar. Untuk masalah pembayaran sendiri, Citilink, memberikan beberapa penawaran. Anda dapat menggunakan kartu kredit, menggunakan transfer ATM, menggunakan kartu debit, membayar di Indomaret atau di Alfamart, menggunakan saldo UANGKU,  hingga menggunakan fitur PayLater.

Proses bayar ini sendiri, dapat langsung Anda lakukan, atau setidaknya 48 jam dari saat proses pemesanan.

Menunggu notifikasi

Setelah proses pembayaran selesai, maka selanjutnya Anda akan menunggu layanan notifikasi dari pihak Traveloka. Umumnya proses ini sendiri tidak memakan waktu lama, umumnya kurang dari 20 menit.

E-tiket

Setelah pihak Traveloka menerima konfirmasi pembayaran, maka pihak Traveloka akan langsung memproses pemesanan tiket tersebut. Notifikasi bukti pembayaran, akan dilakukan dengan memberikan e-tiket pada Anda. Dengan adanya e-tiket seperti ini, artinya Anda sudah memperoleh tiket pesawat. Notifikasi e-tiket ini akan diperoleh di 2 tempat, yaitu di e-mail Anda atau di fitur pesanan saya.

Setelah e-tiket didapat, maka Anda sudah resmi memperoleh tiket pesawat. Apabila Anda pergi bersama beberapa orang, e-tiket yang ada, hanya ada 1. Anda dapat menukarnya menjadi boarding pass di konter Citilink yang ada atau menggunakan check in online yang juga ada di Traveloka. Bukti boarding pass sendiri, dapat Anda bagikan pada penumpang lain, yang masuk ke dalam daftar keberangkatan Anda.