menu

Mari menengok festival desa sejahtera 2014

Festival desa sejahtera
alamtani

Belum ada rencana liburan akhir pekan ini? Tidak ada salahnya untuk bertandang ke Festival Desa Sejahtera 2014. Acara diselenggarakan pada tanggal 25-26 Oktober di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan.

Menurut penyelenggara, Tejo Wahyu Jatmiko, festival ini merupakan ajang memperkenalkan kearifan lokal desa kepada masyarakat luas. Sekaligus sebagai sarana warga kota mengisi liburan akhir pekan sambil mengenalkan suasana desa kepada anak-anak.

Festival Desa Sejahtera kali ini merupakan yang ketiga kalinya, sejak 2012. Dengan mengambil tema “Merayakan keberagaman pangan kita”, penyelenggara ingin mengenalkan sejumlah khasanah kekayaan pangan lokal.

Rencananya akan digelar pameran berbagai pangan lokal ciri khas desa-desa di Indonesia, seperti berbagai jenis padi dan beras, Sagu, dan produk pangan komunitas lainnya.

Pada penyelenggaraan sebelumnya, festival berhasil menarik hingga ribuan warga Jakarta. Kali ini panitia berharap akan lebih banyak lagi pengunjung yang datang. Melihat dari antusiasme pengunjung, panitia optimis acara ini bisa menggugah kesadaran konsumen terhadap keanekaragaman pangan lokal yang ada di Indonesia.

Ada yang menarik bagi anak-anak, karena pada festival ini diselenggarakan sejumlah acara edukatif seperti berlatih membuat kerajinan tas tangan, boneka jari pohon, mendaur ulang kertas, hingga mengolah berbagai makanan dari bahan lokal. Diantaranya membuat tempe dan yoghurt kelapa.

Diadakan juga sejumlah lomba seperti lomba mewarnai, lomba menggambar caping dan permainan tradisional. Jadi, apalagi yang ditunggu, secara pantia tidak memungut bayaran tiket alias gratis!

KIAT PRAKTIS

  1. Memilih makanan kelinci

    Dilihat 36,666 kali

  2. Jenis dan karakteristik pupuk hijau

    Dilihat 23,360 kali

  3. Menilik prospek bisnis ikan hias

    Dilihat 9,500 kali

  4. Teknik sambung samping tanaman kakao

    Dilihat 21,022 kali

  5. Mempercepat umur panen tanaman bayam organik

    Dilihat 49,188 kali

  6. Kumis kucing si pembersih ginjal

    Dilihat 52,083 kali

  7. Budidaya kentang di dataran tinggi

    Dilihat 28,591 kali

  8. Cara menanam tomat dalam polybag

    Dilihat 214,341 kali

  9. Pengendalian hama penghisap buah kakao

    Dilihat 12,302 kali

  10. Jenis-jenis kelinci budidaya

    Dilihat 21,083 kali

Selalu update dengan berlangganan newsletter!