Rute Perjalanan Kereta Surabaya yang Perlu Kamu Ketahui

Sebagai moda transportasi darat dengan waktu jarak tempuh terbilang cepat, kereta api menjadi primadona bagi sebagian orang untuk dijadikan transportasi yang mengantarkan perjalanan mereka dan mungkin kamu salah satunya. Kereta Api Indonesia juga melayani perjalananmu menuju ke Kota Pahlawan Surabaya dan sebaliknya, dari Surabaya menuju beberapa kota di Pulau Jawa.

Stasiun Pasar Turi

Jika kamu akan pergi ke Surabaya atau melakukan perjalanan ke Kota lain, Stasiun Surabaya Pasar Turi merupakan stasiun kereta yang menjadi stasiun keberangkatan dan juga stasiun tujuan beberapa kereta api. Stasiun Kereta kelas besar tipe A yang terletak di Jalan Semarang, Gundih, Bubutan, Kota Surabaya.

Stasiun Pasar Turi berdiri pada tahun 1900 dan aktif sampai beroperasi saat ini. Nah selain melayani kereta api jarak jauh, stasiun ini juga terdapat rute-rute komuter lokal, dengan tujuan menuju Lamongan dan Sidoarjo.

Stasiun Surabaya Gubeng

Stasiun kedua adalah Stasiun Surabaya Gubeng atau biasa disebut Stasiun Gubeng. Stasiun ini terletak di Jalan Stasiun Gubeng, Tambaksari, Surabaya. Nah, asal tahu saja nama  “Gubeng” sendiri  berasal dari Kecamatan Gubeng, yaitu kecamatan dimana stasiun ini berada.

Stasiun Gubeng telah berdiri sejak 1878 dan terus beroperasi sampai sekarang, bahkan Stasiun ini telah menjadi salah satu stasiun tersibuk di Indonesia. Memiliki peran sebagai gerbang utama kedatangan dan keberangkatan kereta api dari Kota Surabaya, mengwajibkan Stasiun Gubeng untuk melayani berbagai jenis layanan kereta api, baik kereta api dari kelas ekonomi,  kelas bisnis, hingga kelas eksekutif.

Sama dengan Stasiun Pasar Turi, Stasiun Gubeng juga melayani berbagai rute komuter lokal, dengan rute tujuan antara lain menuju Sidoarjo, Blitar, dan Malang. Untuk menunjang segala aktivitasnya pelayanan yang super sibuk itu, Stasiun Gubeng dilengkapi dengan 6 jalur rel kereta api dan 7 peron.

Stasiun Wonokromo

Dan terakhir adalah Stasiun Wonosobo, yaitu stasiun kereta api yang terletak di Jalan Stasiun Wonokromo, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Stasiun sau ini dikategorikan sebagai stasiun kereta api kelas I.

Stasiun Wonokromo juga memiliki peran sebagai gerbang masuk kereta api, khususnya dari arah selatan dan barat daya, yang akan menuju Kota Surabaya. Aktivitas pelayanan rute perjalanan kereta api yang super sibuk membuat Stasiun Wonokromo untuk  menyediakan infrastruktur kereta api yang cukup memadai, yaitu 5 jalur rel dan 4 peron stasiun.

Nah jika kamu ingin melakukan perjalanan menuju Surabaya atau sebaliknya, kamu bisa cek tiket kai ke surabaya melalui KAI Access, aplikasi booking tiket dari PT KAI Indonesia, atau kamu juga bisa cek tiket kereta api di beberapa aplikasi travel agent.

Sebelum kamu melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api, kita lihat nama kereta api beserta kelasnya dan rutenya keberangkatannya.

Kelas eksekutif, bagi kalian yang ingin merasakan sensasi kereta dengan kenyamanan ekstra, kelas eksekutif bisa kalian pilih. Mulai dari kereta Argo Wilis, dari dan tujuan Jakarta  Madiun-Yogyakarta-Bandung. Kemudian ada kereta api Bima, dengan tujuan Jakarta melalui jalur Madiun-Yogyakarta-Purwokerto dan tujuan Malang.

Selanjutnya ada Kereta Api Turangga, dengan keberangkatan dan tujuan Jakarta melalui jalur Madiun-Yogyakarta-Bandung. Dan terakhir ada Bangunkarta, dengan keberangkatan dan tujuan Jakarta melalui Madiun-Semarang

Kelas ekonomi AC premium, untuk kelas ini ada Kereta Api Jayakarta, dengan keberangkatan dan tujuan Jakarta dengan jalur Madiun-Yogyakarta-Purwokerto. Kemudian ada Kereta Api  Songgoriti, dengan keberangkatan dan tujuan Malang

Kelas ekonomi AC, untuk kelas ekonomi yang lainnya ada kereta Api Pasundan (reguler dan tambahan), keberangkatan dan kedatangan Bandung melalui jalur Madiun-Yogyakarta-Tasikmalaya. Kereta Api Sri Tanjung, tujuan Yogyakarta dan tujuan Banyuwangi. Probowangi, dari dan tujuan Banyuwangi

Lokal/komuter ekonomi AC, selain melayani kereta api jarak jauh, ada beberapa kereta dengan rute lokal. Rute yang dilayani mulai dari  Komuter Surabaya-Bangil pp, tujuan Surabaya Kota dan tujuan Bangil. Komuter Dhoho, tujuan Surabaya Kota dan tujuan Kertosono bersambung Blitar via Kediri. Penataran, tujuan Surabaya Kota dan tujuan Blitar via Malang.

Tumapel, tujuan Surabaya Kota dan tujuan Malang (lebih sering disebut sebagai KA Penataran juga). Ekonomi Lokal/KRD Bojonegoro, tujuan Surabaya Pasarturi bersambung Bojonegoro dan tujuan Sidoarjo. Ekonomi Lokal/KRD Kertosono, tujuan Surabaya Kota dan tujuan Kertosono.