menu

Manfaat buah manggis bagi kesehatan

Manfaat buah manggis bagi kesehatan

Manggis merupakan buah yang terkenal manis rasanya dan harganya sedikit mahal dibanding dengan buah lainnya. Tak banyak orang mengetahui pohon buah manggis. Manggis adalah pohon tropis yang selalu hijau. Menurut sejarah, pohon manggis berasal dari Kepulauan Sunda dan Maluku. Buah dengan kulit berwarna ungu kecoklatan ini bisa tumbuh mencapai 7 – 25 meter. Anda yang maniak manggis, tentu harus mengetahui apa manfaat buah manggis untuk kesehatan Anda.

Buah manggis memiliki kulit luar dengan warna merah tua keungu-unguan saat sudah masak. Namun ketika masih muda, berwarna hijau pucat atau putih. Daging buahnya sangat manis dan berwarna putih. Jumlah daging buah sesuai dengan jumlah lingkaran pada ujung kulit buah. Buah manggis bisa menjadi besar dalam kurun waktu 2 sampai 3 bulan.

Pencegahan penyakit

Manfaat buah manggis untuk pencegahan beberapa penyakit, mulai penyakit ringan hingga penyakit mematikan. Anda dapat memanfaatkan buah manggis ini pencegahan beberapa penyakit berikut.

  1. Mencegah penyakit arthritis dan alzheimer
    Buah manggis memiliki kandungan zat xanthones yang bermanfaat untuk mencegah beberapa di antaranya, arthritis dan penyakit alzheimer .
  2. Mencegah penyakit jantung
    Penyakit jantung disebabkan oleh penurunan elastisitas pada pembuluh darah jantung. Buah manggis ini dapat meningkatkan kembali elastisitas pada pembuluh darah melalui antimikorbial dan zat antioksidan yang terkandung dalam buah manggis. Jika pembuluh darah jantung kuat, maka resiko terkena serangan jantung berkurang.
  3. Mencegah diabetes
    Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis dan mematikan, serta banyak diderita manusia. Buah manggis berfungsi untuk mengurangi kelebihan kadar gula dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.
  4. Mencegah penyakit kanker
    Banyak penelitian membuktikan bahwa buah manggis ini mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat mencegah penyakit kanker. Ekstrak buah manggis dapat mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita leukimia dan menahan laju perkembangan sel kanker.
  5. Mencegah gangguan penglihatan
    Beberapa gangguan penglihatan seperti glaukoma dan katarak disebabkan oleh radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata. Gangguan mata tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi buah manggis yang kaya akan antioksidan.
  6. Mencegah penyakit diare
    Semakin bertambahnya usia, amak semakin berkurang zat asam di dalam perut. Kondisi demikian dapat meningkatkan bakteri di dalam perut sehingga dapat menimbukan penyakit diare. Kemamouan usus dalam menyerap sari-sari makanan semakin berkurang dan juga mengalami kelebihan gas. Gejala-gejala demikian ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buah manggis. Di dalamnya terdapat zat xanthones yang dapat mengatasi kelebihan bakteri dan menyeimbangkan kerja perut.

Pengobatan penyakit

Mengobati berbeda dengan mencegah. Mengobati suatu penyakit haruslah dengan resep tertentu. Jika di antara Anda ada yang menderita penyakit, manfaat buah manggis bisa dijadikan referensi untuk Anda.

  1. Gangguan pernapasan
    Kandungan zat Xanthones pada buah manggis ini ternyata dapat menyembuhkan gangguan pernapasan.
  2. Penyakit ashma
    Penyakit ashma merupakan salah satu penyakit mematikan, yang diakibatkan oleh kerusakan sistem pernapasan. Salah satu alternatif untuk menyembuhkan penyakit ashma dengan mengonsumsi buah manggis. Ekstrak buah manggis mampu melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergis.
  3. Diabetes
    Selain untuk pencegahannya, buah manggis juga bermanfaat mengobati diabetes. Untuk membantu proses penyembuhan diabetes, disarankan mengonsumsi buah manggis yang mengandung zat-zat yang mampu menormalkan tekanan darah. Buah manggis juga mampu memulihkan energi setelah sembuh dari diabetes.
  4. Menyembuhkan kanker
    Zat antioksidan pada buah manggis berfungsi membunuh sel-sel kanker dengan cepat. Hasil penelitian menyebutkan bahwa hasil ekstrak buah manggis mencegah tumbuhnya sel pada penderita kanker paru-paru dan kanker usus.

Manfaat buah manggis sangat besar karena terdapat senyawa Xanthones yang berfungsi sebagai antioksidan baik untuk mencegah maupun mengobati suatu penyakit.

loading...

Selalu update dengan berlangganan newsletter!