menu

Kandungan nutrisi dan manfaat buah pepaya

Kandungan nutrisi dan manfaat buah pepaya

Pepaya merupakan buah-buahan khas daerah tropis. Asal buah ini berasal dari Amerika Tengah, kemudian menyebar ke berbagai belahan bumi lainnya. Tanaman pepaya memiliki nama latin Carica papaya, termasuk dalam keluarga Caricaceae.

Buah pepaya tersedia dalam berbagai varietas. Mulai dari pepaya bangkok yang bentuknya besar dengan kulit buah hijau-kuning. Hingga varietas-varietas yang relatif baru dikenal seperti pepaya hawaii yang buahnya kecil-kecil namun manis.

Di negeri kita buah pepaya sudah dikenal sejak lama. Buah pepaya mudah didapatkan dan harganya relatif murah. Mungkin masyarakat menganggapnya tidak terlalu spesial. Namun siapa sangka, buah pepaya kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan nutrisi

Buah pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kadar potasium dan vitamin C cukup tinggi. Juga memiliki kandungan antioksidan seperti karoten, flavonoid, folat dan asam pantotenat.

Kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam buah pepaya adalah enzim papain. Nama papain diambil dari kata papaya, khas dari tanaman pepaya. Enzim ini sebenarnya ada dalam getah pepaya. Jadi tidak hanya pada buah, melainkan juga ada pada daun dan batang.

Industri makanan menggunakan enzim papain sebagai pelunak daging. Sedangkan industri farmasi menggunakan enzim ini sebagai obat cacing dan gangguan pencernaan. Enzim diekstrak dari getah tanaman pepaya yang terdapat dalam buah, daun dan batang.

Manfaat buah pepaya

Buah pepaya sering digunakan untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki kandungan serat yang tinggi dan enzim papain. Zat-zat tersebut dapat mengatasi masalah pencernaan dan susah buang air besar.

Enzim papain dan serat yang terdapat dalam buah pepaya juga dapat mencegah munculnya gejala wasir. Papain membantu membunuh parasit yang dapat mengganggu proses pencernaan di dalam usus.

Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Buah ini cocok untuk menangkal berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh seperti pilek, batuk, serta flu.

Beberapa penelitian menunjukkan peran buah pepaya menjaga kesehatan ginjal. Biji buah pepaya mengandung senyawa phenotic serta flavonoid yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan ginjal. Ekstrak biji pepaya sering digunakan sebagai bahan obat herbal untuk penyakit ginjal.

Vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam buah pepaya juga dipakai dalam industri kecantikan. Zat-zat tersebut bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti menjaga kelembaban kulit, membantu proses regenerasi sel kulit, serta mengatasi kulit kusam.

Buah pepaya mengandung senyawa chymopapain yang berfungsi meredakan peradangan serta membantu proses penyembuhan pada luka bakar.

loading...

Selalu update dengan berlangganan newsletter!