menu

Kandungan nutrisi dan manfaat jeruk nipis

Manfaat vitamin yang terdapat dalam jeruk nipis

Siapa yang doyan makan jeruk nipis? Mungkin hanya sedikit orang yang bisa memakannya bulat-bulat. Rasa jeruk nipis kecut dan cenderung pahit. Biasa digunakan untuk memperkaya rasa masakan atau minuman. Namun, di balik itu ternyata buah ini memiliki segudang manfaat.

Jeruk nipis dihasilkan dari tumbuhan perdu dengan nama latin Citrus aurantifolia, atau dalam bahasa Inggris disebut Key Lime. Buahnya kecil, rata-rata berukuran 3-6 cm. Kulitnya berwarna hijau pekat hingga hijau kekuningan.

Jeruk nipis merupakan tanaman khas dari daerah Asia Tenggara. Namun kini penyebarannya sudah mendunia, mulai dari Eropa, Afrika hingga ke Amerika. Tanaman ini memiliki sedikit hama dan cukup mudah beradaptasi, bisa ditanam dalam rentang iklim yang luas.

Kandungan vitamin

Jeruk nipis kaya dengan berbagai vitamin, mineral serta zat-zat lain. Tak heran bila buah ini sering dijadikan simbol berbagai produk vitamin atau suplemen makanan. Rata-rata dalam sebutir jeruk nipis mengandung 30 mg vitamin C. Jumlah tersebut bisa mencukupi hingga 30% kebutuhan harian vitamin C tubuh manusia.

Vitamin C peranannya amat sentral bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Vitamin C mudah terbawa keluar dari tubuh lewat urin. Jadi, setiap hari tubuh memerlukan asupan vitamin C secara terus menerus.

Vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Penting untuk membantu proses pembentukan kulit, otot dan pembuluh darah dalam tubuh. Juga memelihara kekuatan tulang dan gigi.

Vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Seperti sudah diketahui, zat radikal bebas berperan terhadap proses penuaan dan juga dituduh sebagai salah satu penyebab kanker dan berabagai penyakit lain. Keberadaan radikal bebas ini tersebar di sekitar kita.

Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin B dan folat. Fungsi vitamin A yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata. Disamping itu membantu pembentukan sel-sel baru dan penyembuhkan peradangan.

Sedangkan vitamin B mempunyai manfaat untuk membantu kinerja sistem saraf pusat sampai mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Kandungan folat pada jeruk nipis juga bermanfaat bagi ibu hamil dimana kebutuhan akan asupan asam folat diperlukan untuk mencegah risiko kecacatan pada bayi.

Manfaat jeruk nipis

Dalam khasanah pengobatan tradisional, jeruk nipis banyak dimanfaatkan untuk mengobati atau meredakan berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan tubuh:

  • Membantu menghilangkan jerawat
  • Membantu merawat kualitas kulit wajah
  • Membantu mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan noda-noda bekas jerawat
  • Membantu merawat berbagai permasalahan kesehatan rambut seperti rontok, berketombe, kulit kepala berminyak, dan rambut sulit diatur
  • Membantu menghilangkan bau badan dengan cara mengolesi bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih lalu oleskan secara rutin pada ketiak Anda
  • Sangat baik untuk diet
  • Membantu melancarkan pencernaan
  • Sebagai salah satu sumber vitamin dan mineral
  • Membantu mengatasi sembelit
  • Membantu mengobati penyakit kuning
  • Membantu mengatasi masalah buang air kecil
  • Membantu memperkuat kekebalan tubuh
  • Membantu meredakan batuk
  • Membantu mengobati amandel

Jeruk nipis bisa dimanfaatkan dengan berbagai cara. Bisa dimakan langsung, bila kuat, atau mencampurnya dengan madu atau bahan herbal lainnya, membuat jus, dan lain sebagainya. Hal tersebut tidak akan mengurangi kandungan manfaatnya.

loading...

Selalu update dengan berlangganan newsletter!