menu

Sekilas tentang manfaat lidah buaya

Sekilas tentang manfaat lidah buaya

Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang biasa ditanam di pekarangan. Banyak yang belum mengenal kegunaan dan manfaat lidah buaya. Karena bentuknya mirip kaktus, tanaman ini sering dianggap sekadar tanaman hias.

Lidah buaya memiliki nama ilmiah Aloe Vera, termasuk dalam keluarga Xanthorrhoeaceae. Tanaman lidah buaya sendiri sebenarnya tergolong jenis tanaman tropis sukulen. Bentuk tanaman ini sendiri cukup unik memiliki daun yang tebal dan melancip diujungnya. Mungkin itulah mengapa tanaman ini disebut lidah buaya.

Selain bentuknya yang cukup khas, tanaman lidah buaya juga dikenal akan khasiatnya. Tanaman ini sudah digunakan sejak lama sebagai salah satu bahan herbal untuk perawatan rambut. Seiring dengan perkembangan teknologi serta riset pertanian yang kian maju, para peneliti menemukan khasiat baru yang bisa didapatkan dari tanaman lidah buaya.

Kandungan nutrisi

Secara umum, tanaman lidah buaya mengandung berbagai senyawa biologis aktif yang dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia. Adapun senyawa biologis aktif yang terkandung dalam daun lidah buaya antara lain adalah polymannans, mannans asetat, berbagai jenis lektin, serta antrakuinon.

Dari berbagai penelitian didapat kesimpulan bahwa tanaman lidah buaya juga mengandung setidaknya 75 jenis zat serta senyawa yang sudah dikenal akan manfaatnya bagi kesehatan manusia serta kurang lebih sekitar 200 senyawa serta zat lain yang bisa digunakan sebagai bahan untuk pengobatan herbal.

Zat serta senyawa yang terkandung dalam daun lidah buaya tersebut termasuk berbagai jenis enzim yang dapat membantu proses pencernaan serta mengurangi peradangan, berbagai jenis vitamin kecuali vitamin D, berbagai jenis mineral, gula rantai panjang yang berfungsi untuk menyeimbangkan proses yang terjadi pada sistem pencernaan, saponin yang berfungsi sebagai senyawa anti mikroba, serta 20 jenis asam amino.

Manfaat lidah buaya

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tanaman lidah buaya cukup beragam. Salah satu manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dari tanaman ini adalah sebagai bahan peluruh racun yang bekerja secara alami. Kandungan senyawa biologis aktif yang terdapat dalam tanaman lidah buaya dapat digunakan pada proses detoksifikasi.

Daun lidah buaya yang dijadikan jus akan dapat membantu proses detoksifikasi tubuh secara lebih optimal. Selain itu beragam vitamin serta mineral yang terkandung dalam daun lidah buaya juga dapat membantu tubuh dalam mengatasi stres.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan apabila Anda mengkonsumsi ekstrak atau jus lidah buaya adalah untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Kandungan senyawa yang terdapat dalam lidah buaya dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti iritasi usus, tukak lambung, serta refluks asam.

Tanaman lidah buaya juga memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan mulut Anda. Kandungan senyawa dalam lidah buaya dapat mengatasi berbagai masalah mulut dan gusi. Selain itu, tanaman lidah buaya juga bisa digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan.

Ekstrak daun lidah buaya terbukti secara klinis mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, peradangan, serta bekas luka. Ekstrak lidah buaya juga dapat membantu melembabkan kulit, membantu proses detoksifikasi kulit, serta membantu proses peremajaan kulit secara lebih optimal.

Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan herbal untuk diabetes. Mengkonsumsi jus lidah buaya secara teratur terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Selain membantu menurunkan kadar gula darah, jus lidah buaya juga berkhasiat dalam membantu proses penurunan berat badan.

loading...

Selalu update dengan berlangganan newsletter!