menu

Temukan sebelas manfaat temulawak bagi kesehatan

(Foto: Wikimedia)

Temulawak sudah dikenal banyak orang sebagai campuran jamu atau obat tradisional. Dahulu nenek moyang menggunakan temulawak sebagai penambah nafsu makan. Bagaimana sebenarnya manfaat temulawak untuk kesehatan? Temu lawak dengan nama imiah Curcuma xanthorrhiza tergolong suku temu-temuan. Tanaman ini berasal dari Jawa, yang kemudian menyebar ke seluruh Indonesia sampai manca negara.

Temulawak dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah, dengan ketinggian maksimal 1500 meter di atas permukaan laut. Habitat khusus temulawak adalah di hutan tropis. Temulawak bisa mencapai tinggi 2 meter dan memiliki rimpang yang bercabang-cabang berwarna coklat gelap. Aroma temulawak ini sangat khas.

Zat yang terkandung dalam temulawak

Manfaat temulawak sudah diketahui oleh penduduk Indonesia sejak zaman dulu. Namun tidak banyak yang mengetahui zat yang terkandung di dalamnya. Berikut ini 8 kandungan zat kimia yang terkandung dalam temulawak, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

  1. Turmerol dan pati
    Temulawak mengandung turmerol dan pati terbukti mengatasi masalah pencernaan. Jadi jika Anda mengalami gangguan pencernaan, temulawak bisa digunakan sebagai obatnya. Temulawak diambil patinya kemudian diolah menjadi makanan halus. Dengan rutin mengonsumsinya, masalah pencernaan bisa teratasi. Nafsu makan pun semakin meningkat, juga bisa mengatasi sembelit.
  2. Kurkumin
    Senyawa kimia kurkumin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk penderita kanker. Dengan mengonsumsi 500 gram setiap harinya, dapat menurunkan gula darah dan menurunkan lemak darak dalam tubuh manusia. Kurkumin juga berfungsi untuk menyerap radikal bebas.
  3. Zat kalagoga
    Di dalam temulawak terdapat zat kalagoga yang berfungsi untuk mengurangi kerja enzim glutanate piruvat transaminase dan enzim glutamate. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati.
  4. Serat
    Serat yang terkandung dalam temulawak dapat memulihkan kebugaran badan
  5. Minyak atsiri
    Dalam temulawak terdapat 6 – 10% minyak atsiri yang bermanfaat meningkatkan fungsi ginjal.
  6. Phelandren
    Fungsinya untuk membantu mengeluarkan toksin melalui air kencing
  7. Borneol
    Senyawa ini berfungsi untuk memulihkan kesehatan tubuh akibat penyakit.

Sebelas manfaat temulawak

Manfaat temulawak sebenarnya ada banyak sekali. Akan tetapi di sini ada 11 manfaat penting yang harus Anda ketahui.

  1. Melancarkan ASI
    Untuk melancarkan ASI dengan cara 20 gram rimpang temulawak diparut, diperas, disaring, direbus sampai mendidih, dan didinginkan. Minumlah dengan dicampur 2 sendok makan madu tiap pagi dan sore.
  2. Merangsang nafsu makan
    Minyak atsiri bersifat karminativum sehingga dapat merangsang nafsu makan.
  3. Mencegah penggumpalan darah
    Kandungan kurkumin dapat menghambat pembentukan tromboksan B-2 (berfungsi menggumpalkan darah), sehingga penggumpalan darah dapat terhambat.
  4. Menjaga kesehatan fungsi hati
    Kalagoga dalam temulawak berfungsi untuk mengatur produksi cairan empedu dalam hati dan membantu mengsongkan kantung empedu, sehingga fungsi hati terjaga.
  5. Menurunkan lemak darah
    Adanya kandungan kurkuminoid dalam temulawak mampu menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol total sehingga dapat menurunkan lemak.
  6. Mengurangi radang sendi dan nyeri
    Temulawak dapat mengurangi radang sendi dan rasa nyeri diakibatkan oleh adanya senyawa kurkumin.
  7. Memperbaiki fungsi pencernaan
    Untuk meningkatkan aktivitas cairn dalam lambung dan membantu proses metabolisme pencernaan, konsumsilah serbuk rimpang temulawak.
  8. Mengobati batu ginjal
    Resepnya sebagai berikut, temulawak sebesar ibu jari ditambah 3 lembar daun kumis kucing dan meniran, kemudian direbus dengan 3 gelas air. Diminum setiap pagi dan sore.
  9. Menyembuhkan nyeri haid
  10. Mengobati jerawat
  11. Sebagai antioksidan yang memelihara kesehatan tubuh dan menangkal radikal bebas

Itulah tadi 11 manfaat penting temulawak untuk kesehatan. Selain manfaat di atas, mungkin masih banyak lagi manfaat temulawak yang belum ditemukan.

loading...

Selalu update dengan berlangganan newsletter!